Pemkab Bolsel Gelar Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2022

KilasBMR.Com,BOLSEL – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, dalam rangka penyusunan rancangan akhir RKPD tahun 2022, yang dilaksanakan di Desa Transpatoa Kecamatan Helumo, Senin (29/03/2021).

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan bahwa Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ini merupakan penjabaran dari dokumen perencanaan jangka menengah atau rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026.

“RKPD 2022 berbeda dengan RKPD Tahun-tahun sebelumnya, dimana RKPD tahun 2022 disusun secara pararel bersamaan dengan penyusunan RPJMD 2022-2026,” ujar Bupati.

Lanjut, menurut Bupati RKPD 2022 disusun berdasarkan orientasi proses melalui pendekatan partisipatif, teknokratif, politis, serta Top-down dan Bottom-up.

“Selain pendekatan itu, penyusunan RKPD tahun 2022 juga dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan holistik, tematik, integratif dan spasial serta kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follow program dengan cara memastikan hanya program yang benar-benar bermanfaat yang dialokasikan dan bukan sekedar berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rencangan RKPD dan merupakan sarana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

“Hal ini menunjukkan dalam pendekatan perencanaan menggunakan sistem perencanaan bawah atas ‘Bottom-up Planning’ berdasarkan asas demokratis dan desentralisasi dengan menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari Musrenbang RKPD kabupaten ditingkat kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan RKPD,” ucap Iskandar.

Diakhir sambutannya, Bupati menegaskan dimana forum ini sangat penting dalam menentukan arah pembangunan daerah kedepan, oleh karena itu dirinya berharap masukan dan saran serta kritik membangun untuk menyempurnakan RKPD Bolsel tahun 2022 untuk mewujudkan kesepakatan bersama menjadikan Bolsel yang Bersatu, berdaulat, mandiri, sejahtera dan berkepribadian dengan semangat gotong yang berdasarkan Pancasila.

Turut hadir dalam acara ini, Gubernur Sulut yang diwakili Karo Administrasi Pembangunan Abdullah Mokoginta, Kabid Pemerintah sosial dan budaya Bapeda Sulut Dra. Feibe Rondonuwu, Wabup Deddy Abdul Hamid, Ketua dan Anggota DPRD Bolsel, Kapolres Bolsel, Kepala kemenag Bolsel, Ketua PA, Sekda Bolsel, Para Asisten, Kepala Bappeda Sulut, Pimpinan OPD, Camat dan Sangadi.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati Iskandar Hadiri Kegiatan Visitasi Kenaikan Kelas RSUD Bolsel

KILASBMR.Com,BOLSEL – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di rumah sakit, RSUD Bolaang Mongondow Selatan …