Selaku Tokoh Adat, Herson Geram Dengan Tidak Hadirnya Kapolres Bolsel di Paripurna HUT Kabupaten

KilasBMR.Com,BOLSEL – Ketidak hadiran Kapolres Bolsel AKBP Yuli Kurnianto, dalam Paripurna Peringatan HUT Ke-13 Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, membuat geram tokoh adat yang ada di kabupaten Bolsel yakni H. Herson Mayulu, SIP, Kamis (22/07/2021).

Herson yang merupakan Tokoh Adat sebagaimana gelar yang telah dianugerahkan oleh 4 Etnis di kabupaten Bolsel yaitu Datung Mbanua (Sangihe), Te Mey Molamahu (Gorontalo), Ta No’o po tindaho lripu (Bolango) dan Ki kolano nonombonu bo nolintak Kon Lipu (Mongondow).

Menurut Herson, hari ini Bolsel genap berusia 13 tahun dan digelar Paripurna DPRD, dengan tidak hadirnya Kapolres Bolsel ini merupakan bentuk ketidak hormatan Kapolres terhadap rakyat Bolsel.

“Memangnya ini HUT kecamatan, sehingga hanya diwakili oleh Kapolsek? tentu ini bentuk ketidak hormatan Kapolres kepada masyarakat Bolsel,” ungkap Herson.

Lanjut, H2M sapaan akrab mantan Bupati Bolsel ini mengatakan ditanah Totabuan Selatan ini merupakan tempat bertugasnya sebagai pengayom masyarakat tapi dengan ketidak hadiran Kapolres ini harus dipertanyakan mental seorang Bhayangkara negara seperti ini.

“Saya diundang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel dalam acara HUT ini tidak dalam kapasitas sebagai Anggota DPR RI, melainkan sebagai tokoh adat Bolsel, jadi saya marah karena ini adalah bentuk pelecehan terhadap masyarakat adat di Bolsel. Maka siapa saja yang tidak menghormati adat Bolsel, sudah selayaknya diusir keluar dari Bolsel,” ungkap H2M dengan geram.

Lebih lanjut, Herson mengapresiasi Pemkab Bolsel yang masih tetap mengingat dan menghargai jasa-jasa tokoh pemekaran.

“Saya menitipkan satu pesan penting, di usia Bolsel yang ke-13, harus makin menunjukkan identitas sebagai daerah yang aman dengan masyarakat yang berwawasan kebangsaan serta pemerintah yang mampu mewujudkan herd immunity,” pungkasnya.

Tak lupa, H2M mengimbau Pemkab Bolsel bekerja secara ‘out of the box’ dalam artian bekerja secara luar biasa karena dalam masa pandemi ini diperlukan berbagai macam terobosan dalam mewujudkan  kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, saat dikonfirmasi terkait ketidakhadiran pada pelaksanaan paripurna HUT Bolsel ke-13, Kapolres Bolsel, Yuli Kurnianto, berkilah dirinya tengah melaksanakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kasatbinmas di Mako Polres.

“Saya adakan Sertijab Kasatbinmas di Mako Polres,” singkatnya.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati Minta ASN Jadikan Bolsel Sebagai Ladang Pengabdian, Bukan Ladang Kering atau Basah

KILASBMR.Com,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Spt. Msi, meminta kepada para …