Merupakan Program Prioritas, Pemda Bolsel Serahkan Bantuan Hibah Uang Untuk Rumah Ibadah dan Banparpol

KilasBMR.Com,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) bersama Wabup Deddy Abdul Hamid, menyerahkan bantuan Keuangan Partai Politik dan bantuan Hibah uang untuk rumah ibadah di Kabupaten Bolsel Tahun 2021, yang dilaksanakan di Aula Kantor DPRD Panango, Rabu (08/09/2021).

Bupati H Iskandar Kamaru SPt menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan Hibah bantuan kepada Rumah Ibadah dan bantuan keuangan Partai Politik di Kab. Bolsel sudah menjadi Program Prioritas.

“Di tahun 2021 ini, Penerima Bantuan Hibah Uang Rumah Ibadah berjumlah 29 Rumah Ibadah dan Bantuan Keuangan Partai Politik kepada 7 Partai Politik yang mendapatkan kursi di DPRD Bolsel,” ujar Bupati.

Lanjut, menurut Bupati, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan merupakan daerah yang sangat Rukun dan Damai, Kerukunan antara umat beragama di daerah ini sangat terjaga dengan baik.

Untuk memaksimalkan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya untuk pemberian Bantuan Hibah, sasaran program Pemerintah Daerah prioritas saat ini adalah salah satunya pemberian Bantuan Hibah Uang kepada Rumah Ibadah.

“Pemberian bantuan hibah uang merupakan refleksi kesungguhan Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dalam merealisasikan program proritas ini di wujudkan melalui penguatan lembaga-lembaga keagamaan, Sarana keagamaan dan Partai Politik agar lebih berdaya dalam menjalankan program-program yang memberikan peningkatan kualitas akidah umat, dan perpolitikan yang sehat serta memperhatikan asas keadilan, kepatuhan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan pemberian Bantuan Keuangan  Partai Politik telah di Amanatkan oleh  Permendagri  Nomor 78 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penghitungan, Penganggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belaja Daerah, dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Partai Politik.

“Bantuan Keuangan Partai Politik diberikan setiap tahun anggaran kepada Parpol yang memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/ Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dimana jumlah bantuan di hitung secara proposional berdasarkan perolehan suara masing-masing Parpol, dalam pengelolaan dan Proporsional penggunaan Banparpol diprioritaskan untuk Pendidikan Politik 60% Dan Operasional Sekretariat 40%,” ucapnya.

Pun, ia mengatakan bantuan hibah ini segera disalurkan ke rekening penerimaan Hibah agar dapat digunakan dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, Bupati berpesan agar masyarakat turut serta mendukung dan berpartisipasi dalam tercapainya program vaksinasi.

“Selain Bentuk Kegiatan Pendidikan Politik ,Ada Penyediaan Perbekalan Atau Alat Kesehatan Pencegahan Pandemi Corona Virus 19 Kepada Anggota Partai Politik, Dan Masyarakat Berupa Masker , Sabun Cuci Tangan,Hand Sanitizer, Tempat Cuci Tangan , Dan/ Atau  Penyemprotan Disinfektan,” kata Iskandar.

Diakhir sambutannya, Bupati menegaskan kepada panitia pembangunan rumah ibadah dan pengurus Parpol yang nantinya akan menerima Bantuan Hibah Uang agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perencanaan yang telah di buat.

“Pada kesempatan ini juga saya atas nama Pemerintah Daerah  mengajak semua Pimpinan Partai, Pimpinan Agama, Pemerintah Desa Dan Seluruh Masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, agar terus bersinergi, bergotong royong, dan bergandengan tangan dalam mengendalikan penyebaran Covid 19, juga Pimpinan Parpol, Pimpinan Agama dan Pemerintah Desa harus punya strategi memberikan edukasi kepada masyarakat , untuk memutus mata rantai wabah dengan menerapkan 3 M yaitu , Menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker,” tutup Kamaru.

Turut hadir juga, Ketua DPRD Ir. Arifin Olii, Kakan Kesbangpol Bolsel Syukri F. Van Gobel, SP, MM, Camat Bolaang Uki Nurhaeda Yasin, SE, Camat Pinolosian Tengah Oni Podomi, SE, Para Sangadi Desa Penerima Bantuan Hibah Rumah Ibadah Tahun 2021.

(Advertorial)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Melalui Pendampingan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar, Kadis Pendidikan Bolsel Harap Guru Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

KILASBMR.Com,BOLSEL – Kegiatan pendampingan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar …