Ciptakan Pilkades Aman dan Damai, Pemerintah Kecamatan Dumoga Barat Gelar Deklarasi Damai

KilasBMR.Com,BOLMONG – Jelang pelaksanaan Pilkades serentak yang bakal di gelar 3 Februari mendatang, Pemerintah Kecamatan Dumoga Barat melaksanakan kegiatan deklarasi damai yang digelar di Kantor Kecamatan, Senin (17/01/2022).

Camat Dumoga Barat mengatakan kegiatan deklarasi damai ini selain diikuti para calon Kades, juga dihadiri Panitia Pilkades tingkat desa, BPD, juga unsur Forkopimcam.

Dekrasi damai ditandai dengan pembacaan ikrar dan juga penandatanganan naskah deklrarasi damai oleh para calon kades.

“Ada 4 Desa di kecamatan Dumoga barat yang akan menggelar Pilkades serentak pada 3 Februari mendatang dengan jumlah keseluruhan 15 orang,” ungkap Camat Malpin Dako, SAP, MAP.

Adapun 4 desa di Kecamatan Dumoga Barat yang akan ikut ajang pilkades serentak adalah Desa Wangga Baru, Desa Doloduo, Desa Torout Tengah dan Desa Torout Utara.

Pun, Ia mengharapkan para calon Kades dapat menaati segala peraturan yang telah ditetapkan sehingga pelaksanaan Pilkades di Dumoga Barat dapat berjalan lancar dan aman serta menghasilkan pemimpin yang bisa memajukan desanya.

“Tentu tujuan dari deklarasi ini ini juga pembinaan dan pengawasan, sehingga perlu mengundang semua calon, dan paling penting menyepakati siap kalah dan siap menang,” ungkapnya.

Ia pun berharap, tidak ada nantinya oknum-oknum yang dapat memecah belah persatuan dan kedamaian dalam Pilsang.

“Jangan sampai menggunakan cara-cara yang kotor yang dapat menjadi profokator sehingga Pilsang tercoreng, dan saya tidak ingin nantinya ada persoalan-persoalan yang muncul dan pada akhirnya yang disalahkan adalah kita di wilayah,” jelas Malpin.

Sejauh ini lanjut camat jelang pelaksanaan pilkades situasi dan kondisi di 4 desa yang akan menggelar pilkades sangat kondusif.

“Mudah mudahan ini dapat dipertahankan terus dan kerjasama semua elemen dan lapisan masyarakat dapat terus ditingkatkan demi terlaksananya pilkades kecamatan Dumoga Barat yang damai,” tandasnya.

Senada dengan yang dikatakan oleh camat pekalongan, Kapolsek Dumoga Barat dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam pelaksanaan pilkades nanti yang terpenting adalah persatuan dan kesatuan yang harus diutamakan demi tercapai pilkades yang aman dan damai.

“Saya selaku Kapolsek Dumoga Barat sesuai dengan instruksi dari Kapolres memohon kepada seluruh warga masyarakat Dumoga Barat untuk dapat menjaga lingkungan kita masing masing, tetap utamakan persatuan dan kesatuan sehingga apa yang menjadi tujuan dari deklarasi damai ini dapat tercapai,dan saya berharap apa yang kita laksanakan hari ini dapat terealisasikan pada pelaksanaan Pilkades nanti,” katanya.

Lanjut, Ia mengatakan dengan keterbatasan personil nanti pihaknya akan di Backup dari Polres untuk supaya kegiatan Pilsang berjalan dengan aman sampai akhir nanti.

“Tentu kami mengharapkan saudara-saudara calon Sangadi, silahkan berkompetensi dengan sebaik-baiknya, usahakan jangan sampai berhadapan dengan pihak keamanan karena hal-hal yang dilarang” kata Kapolsek.

Pun, Kapolsek meminta para calon tidak menyiapkan minuman keras di tempat umum baik di posko kemenangan ataupun di rumah calon.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Kepala Desa Doloduo Serahkan BLT Tahap 1 Tahun 2022

KilasBMR.Com,BOLMONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Doloduo, Kecamatan Dumoga Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow, menyerahkan secara simbolis …