Buka Musrenbang Perubahan dan Launching Aplikasi Satu Data, Ini Harapan Sekda Bolsel

KILASBMR.Com,BOLSEL – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Marzanzius Arvan Ohy, S.STP, MAP, membuka acara Musrenbang Perubahan RPJMD Tahun 2021-2026, Rabu (02/11/2022).

Acara Musrenbang yang dirangkaikan dengan Launching Aplikasi Satu Data Indonesia ini, dilaksanakan di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango.

Sekda Bolsel yang membawakan sambutan Bupati H. Iskandar Kamaru, Spt, menyampaikan bahwa satu data di kabupaten Bolsel merupakan amanat dari peraturan Presiden nomor 39 Tahun 2019.

“Dimana untuk mewujudkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan perlu didukung dengan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, serta dikelola dengan seksama, terintegrasi dan berkelanjutan,” ujar Sekda.

Menurutnya, di era yang serba digital ini, Satu Data bernilai sangat strategis bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat karena adanya ketersediaan data yang up to date melalui sistem berbasis elektronik.

Sementara itu, terkait dengan Musrenbang, Sekda menerangkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari tahapan Perubahan RPJMD kabupaten Bolaang Mongondow Selatan tahun 2021-2026.

“Momentum perubahan RPJMD ini harus bisa kita maksimalkan untuk menyesuaikan kembali agenda beberapa tahun ke depan, mengingat kondisi fiskal daerah kita yang mengalami penurunan,” ungkapnya.

Sekda mengatakan, dimana APBD 2023 Bolsel yang defisit kurang lebih 80 Milyar dibanding tahun 2022 membuat Pemerintah Daerah harus menyesuaikan kembali sejumlah program kegiatan di tahun-tahun mendatang dengan melakukan penyesuaian pada target-target capaian.

Turut hadir Ketua DPRD Ir Ariffin Olii, Kapolres Bolsel, Kepala BPS Bolaang Mongondow, Danpos AL, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Bappelitbangda Kadek Wijayanto SH,MH bersama para pimpinan PD lainnya dan jajaran ASN lingkup Pemkab Bolsel.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bentuk Karakter Personil, Polres Bolsel Gelar Pembinaan Mental dan Rohani Kepada Para Anggota

KILASBMR.Com,BOLSEL – Polres Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar pembinaan Mental dan Rohani (Binrohtal) Nesrani kepada …