Evaluasi Kabupaten Layak Anak, Bupati Bolsel Pimpin Jajaran Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid

KILASBMR.Com,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Spt, MSi, pimpin langsung jajaran dalam rangka Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) Evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) 2023, melalui Vidio Conferensi di ruang command center, Kantor Bupati, Kamis (08/06/2023).

Sebagai informasi, Kabupaten Layak Anak (KLA) adalah Kabupaten/Kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak Anak dan perlindungan khusus Anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan itu, Bupati menegaskan bahwa anak merupakan potensi yang sangat penting, generasi penerus masa depan bangsa, penentu kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan menjadi pilar utama pembangunan nasional, sehingga perlu ditingkatkan kualitasnya dan mendapatkan perlindungan yang sungguh-sungguh.

“SDM yang berkualitas tidak dapat lahir secara alamiah bila anak dibiarkan tumbuh dan berkembang tanpa perlindungan. Mereka akan menjadi beban pembangunan karena akan menjadi generasi yang lemah, tidak produktif dan tidak kreatif sedangkan jumlah mereka lebih dari sepertiga penduduk kita,” ujar Bupati.

Menurutnya, Program prioritas pada Tahun 2023 Pemkab Bolsel terkait KLA adalah program pemenuhan hak anak, perlindungan khusus anak, pengelolaan sistem data gender anak dan perlindungan perempuan.

“Rencana tindak lanjut yang akan Pemda lakukan adalah memperkuat komitmen pimpinan dan stakeholder di semua level, meningkatkan kesadaran masyarakat melalui edukasi KLA dan mengintervensi perencanaan dan penganggaran daerah dengan menguatkan program/kegiatan penunjang KLA,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memaparkan program apa saja yang sudah berjalan pada Klaster yang terkait dengan dinas untuk pemenuhan KLA.

“Terima kasih atas keterlibatan Kementerian PP & PA dan Kemendikbud dalam kegiatan ini. Semoga ke depan, semua stakeholder bisa bersama-sama mewujudkan Bolsel tanpa stunting dan mewujudkan kabupaten layak anak,” kata Bupati.

Sekedar informasi, Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw memberi dukungan penuh atas pengajuan Kabupaten Bolsel sebagai Kabupaten Layak Anak dengan harapan daerah tersebut dapat meraih predikat Kabupaten Layak Anak di Tahun 2023.

Forum Anak Kabupaten Bolsel juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bolsel dengan harapan melalui pembentukan forum anak daerah bisa membantu meminimalisir pernikahan dini, membantu menekan angka stunting, dapat memaksimalkan tugas sebagai pelopor dan pelapor kesehatan dan angka kekerasan.

(Utha)

 

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati Minta ASN Jadikan Bolsel Sebagai Ladang Pengabdian, Bukan Ladang Kering atau Basah

KILASBMR.Com,BOLSEL – Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) H. Iskandar Kamaru, Spt. Msi, meminta kepada para …