Raih Tujuh Penghargaan, Pemkab Bolsel Jadi Pemenang Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut Tahun 2023

KILASBMR.Com,BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menerima penghargaan Anugerah Mapalus Pendidikan Tahun 2023 dari Kemendikbud melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut Febry Dien dan diterima langsung Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru, Spt. M.si yang turut didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Rante Hattani, bertempat di Hotel Luwansa Manado, Rabu (22/11/2023).

Pemkab Bolsel berhasil meraih Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut Tahun 2023 dengan meraih 7 penghargaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel Rante Hattani saat dikonfirmasi mengatakan Nilai Mutu Pendidikan adalah Proses Kerja dan bukan pencapaian instant.

“Ini semua bukan pencapaian instant cepat, tapi kita semua ikhlaskan diri berlelah bertahun-tahun bersama membangun Integritas, karakter dan budaya kerja cerdas, cepat dan tepat bersama seluruh stakeholder,” ujar Kadis.

Menurut Kadis tidak ada Keberhasilan tanpa Kolaborasi, Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah turut bersama hingga bisa meraih penghargaan tersebut.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutanya mengatakan pemerintah daerah yang belum meraih penghargaan agar tidak berkecil hati.

Ia meminta agar lebih meningkatkan mutu pendidikan di daerah masing-masing.

Menurut Olly kegiatan yang dilakukan balai penjaminan mutu pendidikan Sulut ini merupakan ajang kompetisi tenaga pendidik.

“Ini bisa menggerakkan kembali kompetisi guru-guru dan sdm kita mendapatkan tempat, ini tugas tanggungjawab kita bersama,” kata gubernur.

Gubernur mengungkapkan saat ini Jepang tengah membidik lulusan SMK asal Sulut untuk dipekerjakan di sana, bahkan permintaan di negeri berjuluk “Matahari Terbit” tersebut mencapai 10 ribu orang.

“Sekarang dibidik 350 anak smk untuk bekerja di Jepang, permintaan mereka 10 ribu, ini juga tidak menambah pengangguran,” ungkap gubernur.

Olly mengajak peran serta dinas pendidikan se Sulut dapat bersinergi dengan stakeholder terkait untuk mendorong mutu pendidikan.

“Mari bersama sama mendorong agar supaya anak didik dapat terjun di masyarakat sehingga mereka tidak susah mendapatkan pekerjaan, mempersiapkan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan yang sudah kita dapat, jangan mereka tidak kita siapkan untuk ke depan, jangan mereka sama seperti di jaman kita mencari pekerjaan, mari kita ciptakan lapangan pekerjaan,” ajak gubernur.

Sementara Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulut Febri HJ Dien ST MInf Tech (Man) menjelaskan kegiatan itu merupakan anugerah bagi tenaga pendidik yang mempunyai kontribusi untuk mutu pendidikan.

“Sebuah anugerah bagi stakeholder pendidikan di sulut yg dianggap punya kontribusi nyata terhadap mutu pendidikan di sulut,” jelas Febri.

Febri menuturkan Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut 2023 dan Refleksi Intervensi Penguatan Literasi merupakan ajang kolaborasi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Ini menjadi tingkat awal bagi kita kalau kolaborasi dari pemerintah pusat dan daerah dilakukan dengan sepenuh hati dan dilakukan dengan baik,” tandasnya.

Berikut 7 penghargaan Anugerah Mapalus Pendidikan Sulut Tahun 2023 yang di raih Pemkab Bolsel :

1.Terbaik 1 kategori kemitraan strategis kemendikbudristek dan pemerintah Daerah bidang pendidikan
2. Terbaik 1 kategori 100% akses platform rapor pendidikan jenjang Pendidikan Dasar
3. Terbaik 1 kategori satuan tugas pencegahan dan penanganan kekerasan di Lingkungan satuan pendidikan
4. Terbaik 1 kategori Jumlah peserta survey lingkungan belajar
5. Terbaik 3 kategori aktivasi akun belajar id
6. Nominasi indikator kinerja urusan pendidikan sesuai SPM
7. Pemenang Anugerah Mapalus Pendidikan Madya tahun 2023

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Pilkada Bolsel 2024, BERKAH Jilid II Direstui DPD PDI Perjuangan Sulut

KILASBMR.Com,BOLSEL -Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) tidak …