Diikuti OPD se-Bolsel, Bupati Iskandar Hadiri dan Buka Bimtek Manajemen Risiko

KILASBMR.Com,BOLSEL – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Risiko, Senin (13/05/2024).

Bimtek yang dibuka oleh Bupati Bolsel H. Iskandar Kamaru. Spt. Msi tersebut dilaksanakan di hotel sutan raja Kotamobagu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pejabat dalam menerapkan manajemen risiko sebagai bagian dari Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).

Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari ke depan ini diawali dengan pengantar yang disampaikan langsung oleh Kepala BPKP Perwakilan Sulut Ari Setiono.

Dalam kesempatan itu, Ari memberikan apresiasi kepada Pemda Bolsel yang telah menunjukan komitmenya dalam perbaikan pengelolaan keuangan termasuk dengan penyelengaraan acara Bimtek manajemen resiko ini.

“Bimtek ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara yang lebih baik. Melalui kegiatan ini setiap perangkat daerah diharapkan dapat merumuskan dan mengetahui tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian risiko,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bolsel juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada BPKP Perwakilan Sulut atas sinergitas dan kerjasamanya dengan Pemda Bolsel selama ini.

Menurut Bupati, manajemen risiko ini sangat penting bagi Pemda mulai dari perencanaan sampai dengan pelaporan pertanggungjawabannya.

Oleh karena itu, Ia meminta kepada peserta harus menyimak dengan baik semua materi yang dipaparkan.

“Kalau manajemen risiko kita baik maka MCP kita juga ikut baik, demikian pula dengan lainnya. Bimtek ini adalah bentuk ikhtiar kita semua dalam pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik,” ungkap Bupati.

Paling penting menurut Iskandar, agar semua jajaranya dapat memperkuat koordinasi internal dalam unit kerja dan mengingatkan bahwa tidak boleh ada ego sektoral antar perangkat daerah.

“Koordinasi internal harus diperkuat dan tidak boleh ada ego sektoral antar pimpinan perangkat daerah dalam pengelolaan kegiatan,” tegas Iskandar.

Kegiatan bimtek tersebut diikuti oleh peserta perwakilan 36 OPD dan seluruh staf Inspektorat daerah.

Turut hadir dalam acara itu, Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP, Asisten 3 Muh. Suja Alamri SPd, Inspektur Daerah Drs. Ridel Paputungan bersama para pimpinan PD lainnya di lingkungan Pemkab Bolsel.

(Advertorial)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Wabup Bolsel dan Dirjen ATR/BPN RI Tinjau Lahan Relokasi Pengungsi Gunung Ruang

KILASBMR.Com,BOLSEL – Tindak lanjut atas kunjungan Menteri ATR/BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono beberapa waktu lalu …