Tim Penilai Lomdeskel Bolmong Tahun 2024 Akhiri Penilaian di Desa Tapadaka Satu

KILASBMR.Com,BOLMONG – Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tahun 2024 tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) telah diselesai di laksanakan, Jumat (24/05/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Bolmong melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), selesai dilaksanakan di Desa Tapadaka Satu Kecamatan Dumoga Tenggara.

Dengan mengambil tema “Wujudkan Masyarakat Sejahtera Melalui Belanja Desa dan Kelurahan yang Berkualitas” Lomdeskel ini sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 100.3.1.9-0513 Tahun 2024, yang merupakan salah satu Tahapan dari Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Kepala DPMD Bolmong Abdussalam Bonde mengatakan, peserta yang memenuhi syarat mengikuti lomba desa tersebut ditentukan oleh Kemendagri bukan DPMD Bolmong.

”Peserta yang memenuhi syarat mengikuti lomba desa ditentukan kemendagri yang mengacu pada pengisian aplikasi website profil desa dan perkembangan desa (Epdeskel dan Prodeskel) , bukan kami di DPMD,” ujar Kadis.

Sementara itu Kabid Bina Kelembagaan dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Wanti Indira Toligaga SAB menambahkan, tim penilai kabupaten terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menangani pemerintahan desa dan kelurahan yakni DPMD, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BPBD, Bagian Hukum, dan TP PKK Bolmong.

“Kemendagri memberikan batas waktu hingga akhir bulan ini. Tim penilai pun bekerja tanpa libur selama sembilan hari, untuk mendapatkan nilai objektif, akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan,” ungkap Wanti.

Selain tim penilai Lomdeskel, turut hadir pada kegiatan tersebut, Camat Dumoga Tenggara Herwinda Rampan SIP, Sangadi Tapadaka Satu Among Kangki bersama jajaran pemerintahan desa, BPD, pengurus TP PKK, Kepala Puskesmas Konarom Aulina Ratu, Babinsa dan Babhinkamtibmas setempat.

Sekedar informasi berikut desa-desa yang memenuhi syarat sebagai peserta lomba desa yakni, Desa Mongkoinit Kecamatan Lolak, Desa Bolaang Satu Kecamatan Bolaang Timur, Desa Mengkang Kecamatan Lolayan, Desa Modomang Kecamatan Dumoga Timur, Desa Werdhi Agung Selatan Kecamatan Dumoga Tengah, Desa Doloduo Dua Kecamatan Dumoga Barat, Desa Mopuya Selatan Kecamatan Dumoga Utara, Desa Tapadaka Satu Kecamatan Dumoga Tenggara, dan Desa Otam Kecamatan Passi Barat.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Kades, Pj Bupati Bolmong: Kolaborasi Pemda dan Pemdes Penting

KILASBMR.Com,BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama …