Penanganan Bencana Banjir, Pemkab Bolmong Terima Dana Siap Pakai dari BNPB

KILASBMR.Com,BOLMONG – Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) mendapat bantuan Rp200 juta Dana Siap Pakai (DSP) untuk operasional penanganan darurat banjir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Bantuan diterima Pj Bupati Bolmong dr. Jusnan Mokoginta yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Abdullah Mokoginta, Sabtu (29/06/2024), bertempat di Posko Darurat BPBD Kantor Kecamatan Dumoga Barat Kabupaten Bolaang Mongondow.

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati dr. Jusnan Mokoginta, mengapresiasi bantuan operasional penanganan bencana dari BNPB tersebut.

“Ini sangat dibutuhkan dalam penanganan banjir yang terjadi di Kabupaten Bolmong, semoga bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana banjir,” terangnya.

Lanjut, Bupati mengatakan dimana bencana banjir yang terjadi di Wilayah Kabupaten Bolmong sejak Rabu 26 Juni 2024.

“Pada malam itu juga, kami langsung memerintahkan kepada BPBD dan Instansi terkait, termasuk pemerintah Desa, untuk melakukan evakuasi bagi warga yang rumahnya terendam banjir,” ungkapnya.

Namun menurut Bupati, pihaknya bersyukur karena dalam bencana banjir itu tidak ada korban jiwa.

“Hanya saja kerugian dari para petani sangat besar, karena kerusakan jaringan irigasi yang mengairi sekitar 300 hektar lahan pertanian,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Tenaga ahli BNPB Pusat Brigjen TNI. Lukmansyah meminta agar Pemkab Bolmong segera memasukkan permohonan perbaikan fasilitas umum, baik jembatan maupun irigasi yang rusak akibat banjir ke BNPB Pusat.

“Kalau ada fasilitas umum, jembatan irigasi yang rusak segera ajukan ke BNPB, nanti BWSS akan membangun lewat dana dari BNPB, begitu juga jika ada rumah warga yang rusak kita akan bantu,” terangnya.

Setelah melakukan penyerahan, Pj Bupati, Sekda dan pihak BNPB turun langsung meninjau lokasi terjadinya banjir yang ada di Desa Doloduo II.

Sekedar informasi, selain bantuan dana, Pemkab Bolmong juga menerima bantuan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana diantaranya tenda pengungsi 2 Unit, tenda keluarga 100 Unit, sembako 300 paket, makanan siap saji 300 paket, selimut 300 lembar, matras  300 lembar, kasur lipat 100 Unit, pompa Alkon 5 Unit, Genset 2 Unit, Volbed 50 Unit, Light Tower 2 Unit dan Perahu Karet + dengan Mesin 1 Unit.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Tenaga Ahli BNPB Brigjen TNI Bambang Eko Pratolo, S.E., M.Tr, dan staf BNPB, perwakilan BPBD Provinsi Sulut, para Asisten dan pimpinan OPD Setda Kabupaten Bolmong, TP PKK Bolmong, para Camat, Kapolsek dan Danramil Dumoga Barat.

(Advertorial)

 

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Buka Sosialisasi Pendampingan Hukum Bagi Kades, Pj Bupati Bolmong: Kolaborasi Pemda dan Pemdes Penting

KILASBMR.Com,BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bekerjasama …