Digelar Secara Daring, 148 PPDP Bolsel Resmi di Lantik

KilasBMR.COM,BOLSEL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melantik 148 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk Pemilihan Serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) serta Bupati dan Wakil Bupati Bolsel Tahun 2020, Rabu (15/07/2020).

Pelantikan dirangkaikan dengan pelaksanaan apel Akbar PPDP se- Sulawesi Utara yang dilaksanakan via Daring atau Online dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, yang diikuti oleh KPU se-Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua KPU Bolsel Stanly Eskolano Kakunsi setelah melakukan pelantikan mengatakan, pelantikan berjalan hikmat dan mampu diikuti oleh seluruh PPDP dengan tetap mematuhi Protokol Covid 19.

“Usai pelantikan pukul 08.00 wita, pada pukul 10.00 wita, kami bergabung dengan Provinsi untuk melakukan apel akbar PPDP se-Sulut,” ujar Kakunsi.

“Tujuan apel akbar ini, untuk melihat secara langsung kesiapan jajaran Ad Hooc baik KPU, PPK, PPS sampai dengan PPDP se Sulut baik secara administrasif dan kesiapan diri, termasuk APD, dan ATK yang diperlukan dalam menjalankan tugas,” lanjutnya.

Eskol pun mengungkapkan, bahwa dalam pelaksanaan apel Akbar tadi, sekaligus menyampaikan kepada masyarakat dimana PPDP se Sulut siap melalsanakan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan secara khusus Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolsel tahun 2020.

Sementara itu, Komisioner KPU Bolsel Divisi Teknis, Vijay Bumulo dalam kesempatan ini menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir karena dalam masa Pandemi ini, seluruh PPDP tetap menggunakan protap Covid-19.

“Jadi seluruh PPDP dilengkapi dengan APD berupa masker, sarung tangan, Faceshield dan kelengkapan lainnya. Selain itu juga petugas PPDP dilengkapi ban lengan dan ATK, sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas,” jelas Vijay.

Menurutnya, per tanggal 18 Juli 2020, PPDP akan melakukan Pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih secara serentak se-Sulut, mereka akan turun langsung ke rumah-rumah namun dengan menerapkan protap covid 19.

“Memang sesuai arahan kami (KPU), petugas dalam melakukan pencoklitan tidak dilaksanakan didalam rumah, namun hanya di luar rumah sesuai arahan KPU RI, untuk melaksanakan Pemilu tanpa Virus Corona,” terangnya.

Tugas utama PPDP kata Jay, adalah untuk mencocokkan Data pemilih yang merupakan hasil singkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diberikan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Disdukcapil kepada KPU Bolsel, dimana jumlah pemilih Bolsel sebanyak 49.725 orang.

“Itu yang nantinya akan dicocokkan dan diteliti, termasuk pendataan untuk pemilih baru, sampai dengan tanggal 13 Agustus 2020,” terangnya.

Kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh komisioner KPU RI Ilham Saputra, selaku koordinator Divisi SDM Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan juga seluruh komisioner KPU provinsi yang dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Sulut Dr. Ardiles Mewoh.

(Utha/Advertorial)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Melalui Pendampingan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar, Kadis Pendidikan Bolsel Harap Guru Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

KILASBMR.Com,BOLSEL – Kegiatan pendampingan Akselerasi Platform Merdeka Mengajar dalam implementasi kurikulum merdeka jenjang sekolah dasar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *