Pengelolaan Wisata Pantai Wakat Akan Diserahkan Ke Bumdes Baturapa


KilasBMR,Bolmut – Obyek wisata pantai Desa Wakat Kecamatan Bolangitang Barat (Bolbar) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara terus dibenahi.

Pemerintah desa setempat terus menggenjot pembangunan fasilitas pendukung di destinasi wisata ini.

Seperti diketahui bahwa pembangunan tahap pertama obyek wisata ini bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) pekerjaannya hampir rampung.

Sebagaimana agenda Pemerintah desa bahwa jika proses pekerjaan telah selesai, maka kewenangan dalam pengelolaan tempat wisata akan diserahkan sepenuhnya ke Badan Usaha Mikik Desa (Bumdes) Baturapa, Wakat.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bolmut Fadly T. Usup SE. MM, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Masyarakat dan Pembangunan kawasan pedesaan, Yahya Botutihe SKM kepada awak media ini, selasa (21/07/2020) bahwa hal ini sesuai dengan Permendes 16 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020.

“Pada pasal 6 ayat 1 menjelaskan hal-hal yang meliputi, penataan Desa, perencanaan Desa, kerja sama Desa,nrencana investasi yang masuk ke Desa, pembentukan Badan Usaha Milik Desa, penambahan dan pelepasan aset,serta kejadian luar biasa,” terang Botutihe

Terkait dengan rencana kesiapan Pemdes wakat dalam menyerahkan kewenangan pengelolaan tempat wisata, Sangadi (Kepala Desa) Wakat Toni Kohongia menyampaikan bahwa jika progres pekerjaan sudah selesai 100%, Pemdes akan mengagendakan waktu yang tepat untuk melakukan proses penyerahan kewenangan.

“Alhamdulillah proses pekerjaannya sudah hampir selesai, tersisa hanya pekerjaan-pekerjaan kecil yang masih dibenahi untuk sampai pada proses finishing,” ujar Toni.

(fadli potabuga)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Dihadiri Pj Bupati, Dinas PMD Bolmong Gelar Pencanangan BBGRM ke-20

KILASBMR.Com,BOLMONG – Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir. Limi Mokodompit, MM menghadiri Kegiatan pencanangan Bulan Bhakti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *