Cegah Penyebaran Covid-19 di Dumoga Barat, Forkopimcam Gelar Sosialisasi dan Bagikan Masker Gratis

KilasBMR.COM,BOLMONG – Sesuai dengan rilis Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Bolaang Mongondow yang terus mengalami peningkatan kasus positif Covid-19, dimana melalui Direktur RSUD Datoe Binangkang pertanggal 12 Agustus, jumlah terkonfirmasi berjumlah 26 pasien dan pada tanggal 14 Agustus mengalami penambahan menjadi 28 orang.

Peningkatan yang cukup signifikan ini membuat semua pihak harus terus melakukan penanganan dan pengendalian penyebaran Virus Covid-19.

Hal tersebut pun sejalan dengan langkah Forkopimcam Dumoga Barat, Puskesmas Doloduo dan Pemerintah Desa Doloduo, dimana Hari ini, Sabtu (15/08/2020), melaksanakan operasi patuh penggunaan masker tepatnya di Pasar Doloduo.

Dalam kegiatan sidak ini, tampak Camat Dumoga barat, Kapolsek Dumoga barat-tengah, Kepala Puskesmas Doloduo bersama tim medis, Kepala Desa Doloduo serta perangkat dan petugas linmas melakukan sweeping terhadap pedagang dan pembeli yang tidak menggunakan masker, sekaligus mensosialisasikan dan membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Camat Dumoga barat Malpin Dako. SAP. MAP, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa giat yang dilaksanakan bersama Forkopimcam ini tidak lain untuk terus mensosialisasikan, mengawas dan pembinaan terhadap penanganan dan pengendalian penyebaran Virus Covid-19 di Kecamatan Dumoga barat.

“Giat ini juga sekaligus memberikan penguatan terhadap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh Sangadi di setiap desa termasuk upaya yang dilakukan tim medis dalam hal ini Puskes doloduo, juga ini merupakan tupoksi kita selaku pembina dan pengawas kegiatan yang ada di wilayah sehingga satu kewajaran kalau kita turun langsung ke pasar untuk melakukan pengamatan, pembinaan penerapan protokol kesehatan, terutama yang tidak menggunakan masker,” ujar Camat.

Menurutnya, Sejak bulan Maret sampai saat ini pemerintah terus melakukan sosialisasi tentang bahaya Covid-19, “Disetial desa itu ada anggaran penanganan Covid-19, bahkan masker juga dianggarkan dan dibagikan oleh Sangadi kewarga desanya, juga dari pihak puskesmas lewat petugas medisnya terus memberikan sosialisasi dan dari pehak pemerintah kecamatan bersama Polsek dan Koramil juga hari ini memberikan penguatan agar kesadaran masyarakat bisa lebih meningkat,” ungkap Malpin.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Doloduo Muhafid, SKM, mengatakan bahwa kesadaran masyarakat khususnya dalam menggunakan masker masih kecil.

“Hari ini kami dan pihak terkait membawa 500 pcs masker dan itu semuanya habis dibagi, Ini pertanda bahwa kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 ini belum maksimal. Tapi saya bersyukur, program kita selalu didukung oleh Forkopimcam Dumoga Barat, seperti hari ini dan semoga ke depannya kesadaran masyarakat semakin baik dan kita berharap di Dumoga Barat tidak ada yang terkonfirmasi positif Covid-19,” cetus Kapus.

Ditempat yang sama, Kapolsek Dumoga Barat AKP Nico N Tulandi, mengungkapkan dimana sosialisasi penanganan dan pengendalian penyebaran Covid-19 seperti ini akan terus dilakukan apa terlebih sudah ada instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum pencegahan dan lengendalian Covid-19.

“Kedepan akan ada sanksinya yaitu berupa denda sehingga saat ini kita terus lakukan sosialisasi di wilayah khususnya pasar Doloduo dan beberapa titik lainnya termasuk membagikan masker secara gratis” imbuh Nico yang juga merupakan mantan Kapolsek Dumoga Timur.

Sekedar Informasi dimana Forkopimcam Dumoga Barat, Puskesmas Doloduo dan Pemerintah Desa Doloduo Sabtu (15/08/2020) mulai jam 07.30 wita sampai kurang lebih jam 09.00 wita melakukan kegiatan pengawasan, pembinaan sekaligus pembagian masker kepada pedagang dan pembeli di pasar Doloduo. Tujuan kegiatan itu untuk melihat dari dekat penerapan protokol kesehatan di lingkungan pasar khususnya penggunaan masker sekaligus melakukan pembinaan dan sosialisasi penanganan dan pengendalian Covid-19 agar tidak meluas ke wilayah Kecamatan Dumoga Barat.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Pemkab Bolmong dan KPK Gelar Rakor Program Pemberantasan Korupsi Terintegritas

KILASBMR.Com,BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) gelar Rapat Koordinasi dan dengar pendapat Program Pemberantasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *