Mengenal Lebih Dekat Cawabup Bolsel Deddy Abdul Hamid

KilasBMR.COM,BOLSEL – Siapa yang tak kenal dengan sosok Deddy Abdul Hamid, di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Menempati posisi sebagai orang nomor dua atau Wakil Bupati di Kabupaten bolsel, ternyata Deddy mempunyai segudang pengalaman sampai menempati posisi Wabup saat ini yang berpasangan dengan Bupati Hi Iskandar Kamaru, Spt.

Ko Deddy, sapaan akrabnya berbagi pengalamanya saat pertama kali terjun di dunia politik.
Dirinya mengaku, terjun ke dunia politik karena keinginannya sendiri, yang berawal dari binaan bapak Hi. Herson Mayulu, Sip.

“Saat itu, saya termasuk salah satu tim H2M di Pinolosian, walau sempat bersebrangan dengan keluarga karena waktu itu ada yang ke almarhum papa didi dan ada yang ke H2M, malah yang ke H2M itu kurang saya sendiri dari keluarga, dan saya bersyukur karena banyak teman dan sahabat di kampung maka masih didengar oleh mereka,” ujarnya.

Ternyata, orang nomor dua di Bolsel ini juga mempunyai beberapa usaha sejak menyelesaikan sekolahnya.

“Jika mau hidup itukan tidak berharap ke orang tua semua, harus mulai pelan-pelan bangun, mulanya juga karena ada peninggalan dari orang tua waktu itu gilingan padi yah di olah pelan-pelan,” ungkapnya.

Pun, dirinya mengaku sebelum mempunyai usaha penangkapan ikan laut (Katinting) pernah juga menjadi orang kerja (Suruhan) pengusaha penangkapan ikan laut.

“Pernah saya menjadi orang kerja, bantu-bantu tapi itu menjadi salah satu pengalaman saya, intinya jika kita terus bersyukur dan kerja keras pasti tuhan akan membuka jalan untuk kita, saat itu saya berkata kenapa mereka bisa saya tidak bisa, itu yang menjadi pegangan saya, dan mulai dari awal sampai saat ini banyak yang saya lalui jatuh bangun itu sudah biasa,” kenang Deddy.

Saat ditanya soal susahnya membagi waktu saat mengurus daerah, usaha dan keluarga, Deddy mengungkapkan Derah ini mempunyai atau terdiri dari berbagai suku apalagi di Bolsel ini yang sebenarnya merupakan tanah yang subur.

“Hanya saja kemarin-kemarin itu termanjakan, sehingga setelah pemekaran kita di bolsel itu terlambat untuk mandiri, mengurus daerah tentu menjadi priorotas saya karena itu merupakan amanah, dan kalau dengan keluarga tidak masalah selama ini hubungan bagus malahan justru saya yang termasuk anak ditengah dari 15 bersaudara itu didengar dalam keluarga karena mampu menetralisir ada gonjang ganjing di keluarga,” ujarnya.

Sedangkan untuk usaha sendiri, dirinya mengatakan mempercayakan kepada orang lain untuk mengolahnya.

“Jadi kita tidak campur tentang keluarga, pemerintahan, dan usaha, masing-masing berdiri sendiri karena kalau keluarga dan usaha di campur itu bakal amburadul, jadi justru adik-adik saya kalau mau ikut ambil bagian dalam usaha saya silahkan tapi profesional bukan karena adik saya mereka semenah-menah, karena kalau begitu usaha akan hancur kalau tidak dikelola dengan baik, tapi alhamdulillah sampai sekarang hubungan baik keluarga terus terjalin,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan kalau disuruh memilih lebih enak untuk usaha dari pada politik, tapi karena merupakan pengurus partai maka sudah menjadi kewajiban.

Mantan Anggota DPRD Bolsel ini juga mengungkapkan perbedaan saat menjadi Anggota DPRD dan sebagai Wakil Bupati saat ini.

“Perbedaanya jelas besar sekali, karena kan tugas di DPRD itu legislasi, kontroling dan budgeting, tapi pengambilan keputusan di eksekutif, dan alhamdulillah dalam setiap pengambilan keputusan di eksekutif karena hubungan sangat baik pak bupati selalu melakukan kordinasi dengan saya,” ungkapnya.

Dalam usaha sendiri, saat ini Deddy sudah mampu mempekerjakan kurang lebih hampir 100 orang.

“Kalau di kapal ikan itu ada sekitar 60 orang, dipeternakan sapi ini selain ada beberapa orang yang mengurus langsung di tempat peternakan, juga ada sekitar 30 kepala keluarga yang saya percayakan untuk mengurus sapi-sapi saya, jadi lebih banyak diluar dari pada disini.

“Ini juga hanya sebagai hiburan saya, kalau lelah dipekerjaan pasti datang kesini untuk memberi makan sapi atau yah duduk sambil lihat-lihat, juga saat ini sementara mempersiapkan usaha ikan mujair,” Lanjutnya.

Terakhir, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat bolsel dalam situasi politik saat ini agar tetap tenang dan jangan sampai terprofokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Harapan saya kepada masyarakat, karena pilkada ini sudah masuk yang ketiga kali untuk bolsel, saya pikir masyarakat pasti sudah tau dan mengerti siapa yang akan mereka pilih, karena calon-calon yang bermunculan juga merupakan orang-orang bolsel, latar belakangnya mereka tau sepak terjangnya juga sudah mereka tau, masyarakat sudah tau keadaan yang ada di bolsel pasti mereka tau yang terbaik, tapi tadi tetap jaga keamanan dan ketertiban kita di bolsel,” tutup Hamid.

Sekedar Informasi, saat ini Deddy Abdul Hamid kembali maju dalam Pilkada Bolsel tahun 2020 yang berpasangan lagi dengan Hi. Iskandar Kamaru, Spt, yang diusung oleh Tiga partai yakni PDI Perjuangan, Gerindra dan Perindo, dan mendapat nomor urut 1.

Berikut Profil singkat Deddy Abdul Hamid :

Nama. : Deddy Abdul Hamid
Tempat/Tanggal Lahir : Pinolosian, 05 November 1969
Agama : Islam
Suku. : Gorontalo
Alamat : Dusun II Desa Pinolosian, Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolsel

Riwayat Pekerjaan

– Anggota DPRD Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2014-2019
– Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Tahun 2019 – Sekarang
Riwayat Pendidikan
– SD Negeri 46 Gorontalo
– SMP Negeri 1 Gorontalo
– SMA Negeri 1 Gorontalo

Riwayat Organisasi

– Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Bolaang Mongondow Selatan Masa Bhakti 2019-2024

Keluarga

Nama Istri : Ny. Rosdiana Lapatola
Anak : Gievhan Dydan Abdul Hamid
Geraldi Desta Abdul Hamid
Gibran Abdul Hamid

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Wabup Bolsel dan Dirjen ATR/BPN RI Tinjau Lahan Relokasi Pengungsi Gunung Ruang

KILASBMR.Com,BOLSEL – Tindak lanjut atas kunjungan Menteri ATR/BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono beberapa waktu lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *