Tingkatkan Kemampuan Pengawasan, Bawaslu Bolsel Gelar Bimtek Untuk Seluruh Pengawas TPS

KilasBMR.COM,BOLSEL – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawas TPS se-kabupaten Bolsel dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Bolaang Uki, Sabtu (05/12/2020).

Dalam kesempatan ini, Pimpinan Bawaslu Bolsel Kordiv SDM, Organisasi dan Data Informasi Monitha Mokodompit mengatakan, Bimtek ini dilakukan serentak untuk seluruh Panwas TPS.

“Ini dilaksanakan dengan tujuan agar ada kesepahaman yang sama untuk seluruh pengawas TPS, dan tentu dengan harapan agar PTPS bisa dan siap mengawal jalannya pilkada 2020 ini,” ujar Monitha.

Lanjut, dirinya mengatakan PTPS adalah ujung tombak pengawasan yang bersentuhan langsung dengan kotak suara.

“Maka Bimtek ini lebih Menekankan pada tata cara dalam melakukan pengawasan Di TPS pada tanggal 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Sekertariat Bawaslu Bolsel Arthur Waroka, mengungkapkan Harapannya agar melalui Bimtek ini para PTPS bisa melaksanakan dan mengawal Pilkada 2020 ini.

“Tugas dan tanggung jawab utama dari PTPS itu adalah mengawasi pelaksanaan pemilu di TPS. Selain itu membantu KPPS dalam proses berjalannya pencoblosan apalagi saat ini dalam masa pencegahan Covid-19,” jelas Arthur.

Bimtek ini menghadirkan pemateri dari Komisioner KPU Bolsel Fijay Bumulo untuk teknis dan Mantan Komisioner Panwaslu Pilkada 2015 yang juga merupakan pegiat Pemilu.

Pelaksanaan Bimtek yang tetap menggunakan protokoler kesehatan ini juga dibagi menjadi 2 sesi untuk sesi 1 Kecamatan Posigadan, Pinolosian Timur, Tomini, dan Helumo pada pagi sampai dengan siang hari dan sesi 2 siang sampai Malam Kecamatan Pinolosian Tengah, Bolaang uki, dan Pinolosian induk.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Ucapkan Wartawan Pengecut, PWI Bolsel Bakal Laporkan Oknum Aleg Partai Nasdem

KILASBMR.Com,BOLSEL – Buntut dari kericuhan yang terjadi saat sidang Paripurna DPRD Bolsel, Kamis (18/07/2024) berkepanjangan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *