Rampungkan Program Ketahanan Pangan, Pemdes Wakat Kembali Fokus Arah Kebijakan 2023

KILASBMR.Com,BOLMUT – Program Ketahanan Pangan Desa Wakat Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara telah rampung seluruhnya.

Program yang bersumber dari Dana Desa ini dikhususkan pada dua sektor, yakni sektor Pertanian dan sektor Perikanan Kelautan.

Disektor Perikanan kelautan pemdes lebih memprioritaskan bantuan alat pendukung kelengkapan nelayan,yakni berupa mesin Katinting serta kelengkapan alat pancing dan rompi keselamatan.

Untuk Mesin Katinting sebanyak 3 Unit diberikan kepada 3 warga nelayan yang memang sangat membutuhkan,karena selama ini belum pernah tersentuh dengan bantuan mesin seperti ini.

Adapun untuk alat kelengkapan pancing dan rompi keselamatan disalurkan kepada 24 warga nelayan.

Bantuan untuk nelayan ini disalurkan pada Triwulan kedua yakni di bulan April tahun 2022 disalurkan langsung oleh Camat Bolangitang Barat Kamil Pontoh S.Sos,dihadiri oleh unsur pimpinan kecamatan,Babinsa serta pendamping Desa.

Disektor Pertanian Pemdes Wakat memberikan bantuan berupa piston power set dan alat tanam untuk 8 kelompok.

Alat tanam sebanyak 4 unit, dan piston 8 unit.
Untuk piston power set,Masing-masing melompok mendapatkan 1 unit sedangkan alat tanam untuk 2 kelompok masing-masing mendapatkan 1 unit.

Bantuan Alsintan ini diperterimakan langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs.Hi.Depri Pontoh pada triwulan ke-3 tepatnya dibulan agustus tahun 2022.

Anggaran ketahanan pangan untuk sektor pertanian dan perikanan kelautan ini diambil dari 20 persen Dana Desa.Namun menurut Sangadi Wakat Taufik Angkareda S.IP kemungkinan besar untuk tahun 2023 anggaran ketahanan pangan mendapatkan alokasi 40 persen dari Dana Desa.

(Fadli Potabuga)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

Bupati Bolmut Buka Bimtek Peningkatan Kualitas Implementasi SAKIP

KilasBMR.Com,BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. H. Depri Pontoh, membuka Kegiatan Bimbingan Teknis …