RDP Dengan Kementrian PUPR, H2M Perjuangkan Danau Tondano Bendungan Lolak dan Jalan Nasional Penghubung Bolsel-Gorontalo

KilasBMR.COM,NASIONAL – Setelah sebelumnya menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama BMKG, BNPP, Bapel-BPWS, dan Kementrian Perhubungan, Hari ini, Rabu (24/06/2020) Komisi V DPR RI kembali menggelar RDP Bersama Kementrian PUPR, yang dilaksanakan diruang Rapat Komisi V DPR RI.

Hi. Herson Mayulu, bersama Menteri PUPR

Didepan Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadiemuljono, M.Sc, Ph,, anggota Komisi V DPR RI Fraksi PDI Perjuangan asal Sulawesi Utara, H. Herson Mayulu, SIP, menyampaikan untuk mempercepat pemulihan ekonomi, program kegiatan yang berbasiskan masyarakat perlu ditambah.

“Kalau boleh pembangunan gedung baru itu dihilangkan dulu, bangun gedung KONI itu untuk apa, kan masih bisa pakai gedung yang lama, gunakan saja dananya untuk betul-betul kita melakukan pemulihan ekonomi terutama untuk kegiatan yang berbasis masyarakat,” pinta Herson yang juga merupakan Kapoksi PDI Perjuangan di Komisi V DPR RI ini.

Menyentil kepentingan daerah Sulawesi Utara, Herson mengatakan, Sulawesi Utara itu merupakan daerah kepulauan dan berpesisir pantai.

“Di Kabupaten saya di Bolaang Mongondow Selatan, 90 persen desa-nya berada di pesisir pantai. Dalam rencana anggaran tahun depan, saya mencermati, Pengaman Pantai hanya dialokasikan 10 kilo meter. Mungkin ini bisa dipikirkan lagi untuk memperoleh penambahan,” ungkapnya.

Herson juga mengingatkan Kementerian PUPR, agar Danau Tondano yang sudah masuk di Rencana Strategis Nasional untuk direvitalisasi perlu memperoleh dana 50 sampai 100 Miliar, “Tahun sebelumnya untuk revitalisasi, danau ini hanya memperoleh anggaran yang kecil, berbilang 10 Miliar,” ujarnya.

Jalan Nasional di Sulawesi Utara juga tidak luput dari perhatian Herson.

“Di kabupaten Bolaang Mongondow Selatan masih terdapat puluhan kilometer jalan nasional yang harus ditingkatkan, yakni jalur Momalia- Taludaa menuju ke Provinsi Gorontalo.Jalur ini masih sempit, hanya lebih 5 meter lebarnya. Kemudian jalur Molibagu-Momalia dan jalur masuk dari arah Manado yaitu Doloduo-Molibagu. Peningkatan jalan dijalur-jalur ini sudah dibicarakan ditingkat regional, sehingga perlu menjadi prioritas di tahun 2021,” pinta om Oku sapaan akrabnya.

Terakhir, Mantan Bupati Bolsel ini berharap agar Kementrian PUPR dapat memperhatikan beberapa Bendungan yang ada di Sulawesi Utara, salah satunya Bendungan Lolak yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow. Ia berharap pembangunan Bendungan Lolak dan Bendungan Kuil dapat segera selesai ditahun 2021.

(Utha)

Komentar Facebook
Bagikan Berita ini

Baca Juga

SAH, Ketua dan Sekertaris PWPM Sulut Terima SK Pimpinan Pusat

KilasBMR.Com,SULUT – Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah akhirnya menerbitkan Surat Keputusan (SK) Nomor 1.5/605/1443 Tentang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *